
Social Impact Assesment – Dampak sosial adalah konsekuensi pada populasi manusia dari kegiatan-kegiatan pemerintah maupun swasta yang mengubah cara masyarakat hidup termasuk pengaruh budaya yang mana terjadi perubahan nilai-nilai, norma-norma dan keyakinan-keyakinan yang mengarahkan pengetahuan masyarakat tentang diri dan lingkungannya. Social Impact Assessment (SIA) adalah suatu metodologi untuk mereview pengaruh-pengaruh sosial, budaya dan ekonomi dari beroperasinya suatu perusahaan dan intervensi-intervensi pembangunan yang lain. Tujuan SIA adalah untuk mengidentifikasi efek yang diinginkan dan tidak diinginkan dari intervensi yang direncanakan dalam rangka mengembangkan rencana pengelolaan yang berkelanjutan. Pada pelatihan ini akan memperkenalkan metoda dan teknik Social Impact Assessment (SIA) kepada peserta.
MATERI:
- Konsep dasar Social Impact Assessment (SIA)
- Tugas yang dilakukan sebagai bagian dari proses SIA
- Melacak masalah sosial:
- Kerangka kerja yang harus disadari setiap praktisi SIA
- Metode untuk secara sistematis mengidentifikasi masalah Hak Asasi Manusia sebagai bagian dari pelingkupan dampak sosial
- Metode keterlibatan masyarakat
- Metode untuk memilih indikator untuk menetapkan garis dasar, memprediksi dan menilai dampak sosial dan hak asasi manusia
- Alat keputusan untuk membangun signifikansi dampak negatif, risiko sosial vs risiko bisnis, dan prioritas untuk tindakan
- Alat keputusan untuk membangun signifikansi dampak positif, peluang sosial vs peluang bisnis, dan prioritas untuk tindakan
- Bekerja dalam tim proyek penilaian dampak terintegrasi
- Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi apakah strategi mitigasi atau peningkatan akan benar-benar efektif
- Kecenderungan dalam pemantauan berbasis komunitas
- Bagaimana mengelola masalah etika dalam praktik SIA
- Penyusunan dokumen SIA
METODE:
Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
- Presentation
- Discuss
- Case Study
- Evaluation
INSTRUKTUR:
Hendro Kusnoto, M.M and team
PESERTA:
Manager CSR, Staff CSR, individual yang terlibat langsung dengan kegiatan yang berhubungan dengan dampak social.
FASILITAS:
- Training Hand Out
- Digital Material
- Certificate
- Exclusive Souvenir
- Qualified Bag
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Once lunch and twice coffee break every day of training
- Qualified Instructor
Jadwal Pelatihan 2025
JAN - FEB | MAR - APR | MEI - JUN | JUL - AGST | SEP - OKT | NOV - DES |
---|---|---|---|---|---|
3 - 5 Jan | 4 - 6 Mar | 6 - 8 Mei | 1 - 3 Jul | 2 - 4 Sept | 4 - 6 Nov |
8 - 10 Jan | 11 - 13 Mar | 13 - 15 Mei | 8 - 10 Jul | 9 - 11 Sept | 11 - 13 Nov |
14 - 16 Jan | 18 - 20 Mar | 20 - 22 Mei | 15 - 17 Jul | 16 - 18 Sept | 18 - 20 Nov |
21 - 23 Jan | 25 - 27 Mar | 27 - 29 Mei | 22 - 24 Jul | 23 - 25 Sept | 25 - 27 Nov |
28 - 30 Jan | 1 - 3 Apr | 3 - 5 Jun | 29 - 31 Jul | 30 Sept - 2 Okt | 2 - 4 Des |
4 - 6 Feb | 16 - 18 Apr | 10 - 12 Jun | 5 - 7 Agst | 7 - 9 Okt | 9 - 11 Des |
11 - 13 Feb | 23 - 25 Apr | 17 - 19 Jun | 12 - 14 Agst | 14 - 16 Okt | 16 - 18 Des |
18 - 20 Feb | 24 - 26 Jun | 19 - 21 Agst | 21 - 23 Okt | 23 - 25 Des | |
25 - 27 Feb | 26 - 28 Agst | 28 - 30 Okt | |||
Waktu dan tempat:
Pukul 08.30 – 16.00 WIB
Hotel Berbintang di Yogyakarta
Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam
In House Training Depend on request
Leave a Reply