Handling Customer Complaint (Penanganan Komplain Pelanggan)

Handling Customer Complaint (Penanganan Komplain Pelanggan) – Customer Satisfaction merupakan tujuan utama dalam pelayanan prima ke pelanggan. Peningkatan kualitas layanan  seharusnya secara kontinyu diupayakan oleh seluruh karyawan. Salah satu faktor dalam peningkatan kepuasan pelanggan adalah penanganan komplain pelangan. Untuk mengembangkan organisasi yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (service excellence), keterampilan menangani komplain pelanggan merupakan keterampilan yang sangat penting. Training ini akan membahas tentang ketrampilan, teknik dan metode dalam menangani komplain pelanggan secara efisien dan efektif.

 

MATERI:

  1. Mengenali Harapan  dan Emosi Pelanggan :
  • Perbedaan kebutuhan emosional dan rasional pelanggan
  • Tahap-tahap dalam emosi pelanggan
  • Tipe-tipe pelanggan yang menantang
  1. Pemahaman tentang Komplain :
  • Pengertian  komplain dan manfaat komplain
  • Kapan komplain terjadi dan dimana
  • Komplain dan sikap pelanggan
  • Dampak dari kegagalan menangani komplain
  1. Mengenali Penyebab-Penyebab Komplain
  2. Langkah-Langkah Penanganan Komplain
  • Menurunkan emosi negatif
  • Mendengarkan secara reflektif
  • Menunjukkan empati dengan pemilihan kalimat yang positif
  • Mengambil tindakan penyelesaian komplain, termasuk bagaimana mengatakan ‘tidak’ dengan positif
  • Menutup interaksi secara positif
  • Tindak lanjut, pastikan kepuasan pelanggan dan tinggalkan kesan yang menyenangkan.
  1. Sistem Penanganan Keluhan Pelanggan
  • Menyambut komplain
  • Memudahkan pelanggan untuk komplain
  • Menangani komplain secara cepat
  • Mendisain kebijakan dan prosedur penanganan komplain yang mendukung penyelesaian komplain secara cepat dan efisien
  • Melatih dan memberdayakan staf
  • Mencatat komplain
  • Mengkomunikasikan informasi tentang komplain
  1. Communication & Interpersonal Skill” Dalam Menghadapi komplain
  2. Studi kasus

 

INSTRUKTUR:

Drs. Audith M. Turmudhi, MM

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Semua karyawan yang berhubungan dengan pelayanan ke pelanggan.

 

FASILITAS:

  1. Training Hand Out
  2. Digital Material
  3. Certificate
  4. Exclusive Souvenir
  5. Qualified Bag
  6. Training Photo
  7. Training room with full AC facilities and multimedia
  8. Once lunch and twice coffee break every day of training
  9. Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2022

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
4 - 6 Jan8 - 10 Mar5 - 9 Mei5 - 7 Jul6 - 8 Sept1 - 3 Nov
11 - 13 Jan15 - 17 Mar10 - 12 Mei12 - 14 Jul13 - 15 Sept8 - 10 Nov
18 - 20 Jan23 - 24 Mar17 - 19 Mei19 - 21 Jul20 - 22 Sept15 - 17 Nov
25 - 27 Jan29 - 31 Mar
24 - 27 Mei26 - 28 Jul27 - 29 Sept22 - 24 Nov
2 - 4 Feb5 - 7 Apr31 Mei - 3 Jun2 - 4 Agst4 - 6 Okt29 Nov - 1 Des
8 - 10 Feb12 - 14 Apr7 - 9Jun9 - 11 Agst11 - 13 Okt6 - 8 Des
15 - 17 Feb19 - 21 Apr14 - 16 Jun16 - 19 Agst18 - 20 Okt13 - 15 Des
22 - 24 Feb26 - 28 Apr21 - 23 Jun23 - 25 Agst25 - 27 Okt20 - 22 Des
29 - 31 Feb28 - 30 Jun30 Agst - 1 Sept27 - 29 Des

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*