Strategic Sourcing In Procurement

Strategic Sourcing In Procurement – Banyak perusahaan multinasional sudah menerapakan Strategic Sourcing. Banyak manfaat yang diperoleh dengan penerapan strategic sourcing ini seperti peningkatan cost saving, lead time proses procurement yang lebih cepat, transparansi, hubungan yang tepat dengan supplier, perencanaan procurement yang lebih baik, dan banyak manfaat lainnya. Sayangnya, belum banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan Strategic Sourcing dalam Procurement mereka. Sourcing yang digunakan masih bersifat responsif dan taktikal ditandai dengan hubungan yang kurang baik dengan supplier, proses Procurement yang lama, banyak potensi cost saving tidak bisa dieksekusi, masih mendasarkan pemilihan supplier pada harga terendah, dst.

Training ini akan mengajak peserta untuk memahami konsep Strategic Procurement dan mencoba menerapkan pada Perusahaan masing-masing dengan mempertimbangkan kondisi di perusahaan masing-masing.

 

MATERI:

Definisi dan Lingkup Strategic Sourcing:

  1. Procurement process
  2. Definisi
  3. Kenapa perlu menerapkannya?

Langkah proses strategic sourcing

  1. Profiling Kategori: Spend analysis, Supplier research & Market analysis, Need analysis, Latihan
  2. Memilih Strategi Sourcing: Supply Positioning Matrix/ Kraljic Matrix, Sourcing strategies, Latihan
  3. Menghasilkan supplier portfolio: kriteria dan kategori list kandidat supplier, identifikasi supplier feasible, prekualifikasi supplier, latihan
  4. Memilih jalur implementasi: kompetisi (RFP), Direct negotiation, Supplier development, dll, Latihan
  5. Negosiasi dan pemilihan supplier: team ,strategy, taktik, latihan
  6. Integrasi supplier: Implementation plan, update proses dan prosedur, contract management, latihan
  7. Monitoring supply market dan supplier performance: Supplier Performance Evaluation, Reward & Punishment, Latihan, latihan
  8. Cost & Price Analysis: cost breakdown, TCO, dll

 

INSTRUKTUR:

Dr. Setyawan Hardan, M.Sc and Team

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Para buyer atau purchaser dan praktisi Procurement dan SCM level menengah dan atas.

 

FASILITAS:

  1. Training Hand Out
  2. Digital Material
  3. Certificate
  4. Exclusive Souvenir
  5. Qualified Bag
  6. Training Photo
  7. Training room with full AC facilities and multimedia
  8. Once lunch and twice coffee break every day of training
  9. Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2024

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
2 - 4 Jan5 - 7 Mar1 - 3 Mei2 - 4 Jul5 - 7 Sept5 - 6 Nov
9 - 11 Jan12 - 14Mar7 - 9 Mei9 - 11 Jul12 - 14 Sept12 - 13 Nov
17 - 19 Jan19 - 21 Mar14 - 16 Mei16 - 18 Jul19 - 21 Sept19 - 20 Nov
23 - 25 Jan26 - 28 Mar
21 - 23 Mei23 - 25 Jul27 - 28 Sept26 - 27 Nov
30 Jan - 1 Feb2 - 4 Apr28 - 30 Mei30 Jul - 1 Agst3 - 5 Okt3 - 4 Des
6 - 8 Feb16 - 18 Apr4 - 6 Jun6 - 8 Agst10 - 12 Okt10 - 11 Des
13 - 15 Feb23 - 25 Apr11 - 13 Jun13 - 15 Agst15 - 16 Okt17 - 18 Des
20 - 22 Feb18 - 20 Jun27 - 29 Agst24 - 26 Okt23 - 24 Des
27 - 29 Feb25 - 27 Jun29 - 31 Agst29 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*