Akuntansi Koperasi – Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Prinsip-prinsip koperasi merupakan landasan pokok koperasi dalam menjalankan usahanya sebagai badan usaha dan gerakan ekonomi rakyat. Prinsip prinsip tersebut adalah : kemandirian, keanggotaan bersifat terbuka, pengelolaan dilakukan secara demokratis, pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing – masing anggotanya, pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal, pendidikan perkoperasian dan kerjasama antar koperasi. Karakteristik koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah bahwa anggota koperasi memiliki identitas ganda, yaitu anggota sebagai pemilik dan sekaligus sebagai pengguna jasa koperasi.
Dengan semakin berkembangnya kegiatan usaha koperasi, tuntutan agar pengelolaan koperasi dilaksanakan secara profesional akan semakin besar. Pengelolaan yang profesional memerlukan adanya sistem pertanggungjawaban yang baik dan informasi yang relevan serta dapat diandalkan, untuk pengambilan keputusan perencanaan dan pengendalian koperasi. Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan dari sistem informasi yang diperlukan untuk menumbuhkan koperasi melalui akuntansi, khususnya merumuskan standar akuntansi keuangan untuk koperasi dalam penyusunan laporan keuangannya.
Sesuai dengan perkembangan koperasi di dalam melaporkan laporan keuangannya, kini dalam penyusunannya telah dikeluarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 27 tentang akuntansi perkoperasian yang telah mendapat revisi pada tahun 1998. PSAK No. 27 ini berisikan tentang karakteristik koperasi, struktur pengorganisasian koperasi, usaha dan jenis koperasi, tujuan koperasi, ruang lingkup koperasi, definisi–definisi koperasi, standar penyajian laporan keuangan koperasi. Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 27 ini, laporan keuangan koperasi itu terdiri dari neraca, perhitungan hasil usaha (PHU), laporan arus kas, laporan promosi ekonomi anggota, dan catatan atas laporan keuangan.
Tujuan
- Untuk mengetahui definisi akuntansi koperasi.
- Untuk mengetahui proses akuntansi koperasi.
- Untuk mengetahui tujuan dan kegunaan akuntansi koperasi.
- Untuk mengetahui perbedaan akuntansi koperasi dengan akuntansi bukan koperasi.
- Untuk mengetahui penerapan akuntansi pada laporan keuangan koperasi.
- Untuk mengetahui jenis-jenis akuntansi koperasi.
Materi
- Definisi Akuntansi Koperasi
- Proses Akuntansi Koperasi
- Tujuan dan Kegunaan Akuntansi Koperasi
- Perbedaan Akuntansi Koperasi dengan Akuntansi Bukan Koperasi
- Laporan Perhitungan Hasil Usaha
- Neraca
- Laporan Arus Kas
- Laporan Promosi Ekonomi Anggota
- Jenis-jenis Akuntansi Koperasi
- Akuntansi Koperasi Konsumen
- Akuntansi Unit Simpan Pinjam / Koperasi Simpan Pinjam
- Presentation
- Discuss
- Case Study
- Evaluation
- Pengurus Khususnya Ketua & Bendahara,
- Pejabat Dinas yang Membidangi Koperasi,
- Direktur Keuangan, Manager Keuangan dan Kabag Akuntansi, serta
- Konsultan dan Siapapun yang Ingin Memahami Akuntansi Koperasi
- Training Hand Out
- Digital Material
- Certificate
- Exclusive Souvenir
- Qualified Bag
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Once lunch and twice coffee break every day of training
- Qualified Instructor
Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta
Pukul 08.30 – 16.00 WIB
Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam
In House Training Depend on request
Leave a Reply