
Strategic Sourcing In Procurement – Banyak perusahaan multinasional sudah menerapakan Strategic Sourcing. Banyak manfaat yang diperoleh dengan penerapan strategic sourcing ini seperti peningkatan cost saving, lead time proses procurement yang lebih cepat, transparansi, hubungan yang tepat dengan supplier, perencanaan procurement yang lebih baik, dan banyak manfaat lainnya. Sayangnya, belum banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan Strategic Sourcing dalam Procurement mereka. Sourcing yang digunakan masih bersifat responsif dan taktikal ditandai dengan hubungan yang kurang baik dengan supplier, proses Procurement yang lama, banyak potensi cost saving tidak bisa dieksekusi, masih mendasarkan pemilihan supplier pada harga terendah, dst.
Training ini akan mengajak peserta untuk memahami konsep Strategic Procurement dan mencoba menerapkan pada Perusahaan masing-masing dengan mempertimbangkan kondisi di perusahaan masing-masing.
MATERI:
Definisi dan Lingkup Strategic Sourcing:
- Procurement process
- Definisi
- Kenapa perlu menerapkannya?
Langkah proses strategic sourcing
- Profiling Kategori: Spend analysis, Supplier research & Market analysis, Need analysis, Latihan
- Memilih Strategi Sourcing: Supply Positioning Matrix/ Kraljic Matrix, Sourcing strategies, Latihan
- Menghasilkan supplier portfolio: kriteria dan kategori list kandidat supplier, identifikasi supplier feasible, prekualifikasi supplier, latihan
- Memilih jalur implementasi: kompetisi (RFP), Direct negotiation, Supplier development, dll, Latihan
- Negosiasi dan pemilihan supplier: team ,strategy, taktik, latihan
- Integrasi supplier: Implementation plan, update proses dan prosedur, contract management, latihan
- Monitoring supply market dan supplier performance: Supplier Performance Evaluation, Reward & Punishment, Latihan, latihan
- Cost & Price Analysis: cost breakdown, TCO, dll
INSTRUKTUR:
Dr. Setyawan Hardan, M.Sc and Team
METODE:
Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
- Presentation
- Discuss
- Case Study
- Evaluation
PESERTA:
Para buyer atau purchaser dan praktisi Procurement dan SCM level menengah dan atas.
FASILITAS:
- Training Hand Out
- Digital Material
- Certificate
- Exclusive Souvenir
- Qualified Bag
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Once lunch and twice coffee break every day of training
- Qualified Instructor
Jadwal Pelatihan 2025
JAN - FEB | MAR - APR | MEI - JUN | JUL - AGST | SEP - OKT | NOV - DES |
---|---|---|---|---|---|
3 - 5 Jan | 4 - 6 Mar | 6 - 8 Mei | 1 - 3 Jul | 2 - 4 Sept | 4 - 6 Nov |
8 - 10 Jan | 11 - 13 Mar | 13 - 15 Mei | 8 - 10 Jul | 9 - 11 Sept | 11 - 13 Nov |
14 - 16 Jan | 18 - 20 Mar | 20 - 22 Mei | 15 - 17 Jul | 16 - 18 Sept | 18 - 20 Nov |
21 - 23 Jan | 25 - 27 Mar | 27 - 29 Mei | 22 - 24 Jul | 23 - 25 Sept | 25 - 27 Nov |
28 - 30 Jan | 1 - 3 Apr | 3 - 5 Jun | 29 - 31 Jul | 30 Sept - 2 Okt | 2 - 4 Des |
4 - 6 Feb | 16 - 18 Apr | 10 - 12 Jun | 5 - 7 Agst | 7 - 9 Okt | 9 - 11 Des |
11 - 13 Feb | 23 - 25 Apr | 17 - 19 Jun | 12 - 14 Agst | 14 - 16 Okt | 16 - 18 Des |
18 - 20 Feb | 24 - 26 Jun | 19 - 21 Agst | 21 - 23 Okt | 23 - 25 Des | |
25 - 27 Feb | 26 - 28 Agst | 28 - 30 Okt | |||
Waktu dan tempat:
Pukul 08.30 – 16.00 WIB
Hotel Berbintang di Yogyakarta
Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam
In House Training Depend on request
Leave a Reply