Humas Protokoler, Teknik Penyusunan Pers Release/Jurnalistik, Pengelolaan Social Media

Humas Protokoler, Teknik Penyusunan Pers Release/Jurnalistik, Pengelolaan Social Media – Kegiatan protokol diartikan sebagai Tata Tertib Upacara, yang kemudian dilengkapi dengan Tata Tertib Acara, umumnya diterapkan dalam suatu upacara untuk menjaga citra organisasi yang mapan. Karenanya, maka Tata Tertib Upacara ini adalah pelengkap ke-Humas-an, yang sama pentingnya dengan pelengkap-pelengkap ke-Humas-an lainnya, seperti Media Relations, Documentation dan lain sebagainya. Gagalnya suatu kegiatan protokoler akan berdampak negatif pada citra pemerintahan, yang berarti gagalnya PR pemerintahan. Karenanya diperlukan suatu pelatihan bagi petugas pelaksana protokol, dalam menjalankan upacara, agar benar-benar efektif mencapai citra yang diharapkan. Disamping itu fungsi lainnya adalah memberikan pelayanan secara prima baik untuk internal maupun eksternal perusahaan ketika mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan even dan kegiatan seremonial, dalam hal ini dari fungsi kehumasan.

Peran Humas dan Protokol adalah suatu hubungan sinergitas yang tidak bisa dipisahkan di dalam membangun citra Daerah. Karena Gagalnya suatu kegiatan Protokoler dan Humas akan berdampak Negatif pada citra Pemerintahan Daerah, yang berarti gagalnya PR Pemerintahan.

Sedangkan Ilmu Jurnalistik merupakan fungsi dalam meliput dan menuliskan fakta kegiatan, peristiwa, realitas sosial dan fenomena menjadi berita. Keahlian dalam jurnalistik merupakah salah satu bagian yang juga harus dikuasai oleh staff Humas. Melalui pelatihan ini peserta akan dididik dan dilatih dalam menyusun suatu berita/kegiatan dan membuat opini yang menarik, sehingga disamping sebagai dokumentasi berita juga akan berdampak positif terhadap citra lembaga terhadap masyarakat secara luas.

Media sosial didesain untuk menjaga dan meningkatkan reputasi lembaga serta menggali aspirasi publik. Media sosial sebagai sarana pemerintah untuk lebih dekat dengan publik. Humas pemerintah harus dapat mengikuti ritme media sosial, berkomunikasi secara langsung dan memberikan respon dengan segera. Media sosial merupakan dokumentasi online. Mengingat sifatnya yang terbuka, humas pemerintah harus dapat  mengetahui informasi apa yang patut dan tak patut disampaikan kepada publik serta bagaimana cara menyampaikannya. Media sosial menjangkau publik yang sangat luas sehingga diperlukan pemahaman dalam penyebaran informasi dan cara berkomunikasi lintas budaya

 

MATERI:

 

Kehumasan Dan Protokoler

  • Pengertian, ruang lingkup tugas Protokol dan Announcer
  • Syarat-syarat menjadi Protokoler handal
  • Etika Umum petugas protokoler
  • Etika Berbicara
  • Personal grooming/service excellence
  • Manajemen keprotokoleran dalam penerimaan tamu dinas dan kehormatan
  • Peraturan pemerintah tentang Tata tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan
  • Praktek menjadi Protokol acara resmi, semi resmi dan tidak resmi baik dihadiri pejabat asing, pejabat tinggi negara, Pimpinan Daerah, CEO atau mitra kerja.
  • Problem solving dalam tugas protokoler

 

Teknik Jurnalistik & Pengelolaan Media Sosial ( Medsos )

  • Menggali ide/gagasan dan sumber berita
  • Bahasa Jurnalistik
  • Teknis Penulisan berita
  • Teknik penulisan feature
  • Teknik penulisan reportase dan pers release
  • Teknik penulisan opini
  • Jurnalistik Online
  • Karakteristik Media Online
  • Keunggulan Jurnalisme Online
  • Kiat Penulisan di Media Online
  • Penulisan Konten
  • Persiapan Konten
  • Kreasi konten menggunakan tools grafis
  • Membuat Facebook fanpage account
  • Optimasi Facebook fanpage
  • Membuat Instagram account
  • Optimasi Instagram

 

INSTRUKTUR:

Dina Alia

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Pelatihan ini sangat sesuai diikuti oleh staf dan manajemen bagian protokoler, humas, public relation dan karyawan di bagian front liner.

 

FASILITAS:

  1. Training Hand Out
  2. Digital Material
  3. Certificate
  4. Exclusive Souvenir
  5. Qualified Bag
  6. Training Photo
  7. Training room with full AC facilities and multimedia
  8. Once lunch and twice coffee break every day of training
  9. Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2024

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
2 - 4 Jan5 - 7 Mar1 - 3 Mei2 - 4 Jul5 - 7 Sept5 - 6 Nov
9 - 11 Jan12 - 14Mar7 - 9 Mei9 - 11 Jul12 - 14 Sept12 - 13 Nov
17 - 19 Jan19 - 21 Mar14 - 16 Mei16 - 18 Jul19 - 21 Sept19 - 20 Nov
23 - 25 Jan26 - 28 Mar
21 - 23 Mei23 - 25 Jul27 - 28 Sept26 - 27 Nov
30 Jan - 1 Feb2 - 4 Apr28 - 30 Mei30 Jul - 1 Agst3 - 5 Okt3 - 4 Des
6 - 8 Feb16 - 18 Apr4 - 6 Jun6 - 8 Agst10 - 12 Okt10 - 11 Des
13 - 15 Feb23 - 25 Apr11 - 13 Jun13 - 15 Agst15 - 16 Okt17 - 18 Des
20 - 22 Feb18 - 20 Jun27 - 29 Agst24 - 26 Okt23 - 24 Des
27 - 29 Feb25 - 27 Jun29 - 31 Agst29 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*