Train The Trainer For Outbound (Indoor-Outdoor) Activity – Setiap perusahaan pasti menginginkan memiliki sumber daya manusia yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam perspektif lain, seorang pegawai dalam sebuah perusahaan juga menginginkan ada aktualisasi diri sehingga menambah wawasan dan kompetensi sekaligus membuka jalan bagi pengembangan karir ke jenjang yang lebih tinggi sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup.
Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh, baik oleh perusahaan dan perorangan adalah dengan mengikuti program outbound sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun seringkali harapan tersebut tidak sejalan dengan kualitas pelatihan outbound yang diberikan. Materi tidak mengena dengan sasaran. Insight yang diberikan tidak menggambarkan kondisi real yang ada. Trainer yang membawakan monoton, garing dan tidak bisa menaikkan suasana kelas, tidak dapat “merangkul” peserta dan suasana kelas dan lainnya.
Program pengembangan diri dalam bentuk pelatihan yang dilakukan di luar ruangan atau biasa disebut “training outbound” merupakan salah satu model pelatihan yang dirancang dalam suasana alam terbuka. Tujuannya mencari suasana baru yang sama sekali berbeda dengan suasana kantor. Pengertian outbound itu sendiri berarti keluar dari bingkai atau frame kebiasaan. Dalam hal ini peserta diajak untuk berpikir diluar dari kebiasaan yang selama ini dijalankan. Diharapkan peserta memiliki pola pikir positif diluar pakem yang ada. Sehingga dapat membuat terobosan-terobosan baru, inovatif serta kreatifitas tanpa mengurangi kualitas atau bahkan menyalahi budaya yang ada.
Workshop “Train The Trainers for Outbound” ini dirancang khusus untuk memberikan kesempatan bagi para peserta mengenal konsep pengelolaan training outbound yang efektif. Program ini didesain agar peserta pelatihan mampu menciptakan konsep pelatihan yang tepat sasaran, seperti pembuatan materi, metode dan teknik-teknik games, kemampuan trainer yang akan membawakan termasuk didalam tips and tricks meningkatkan suasana dan energi positif dan menghadapi beragam situasi sulit.
MATERI:
Modul I – Outbound sebagai salah satu media pengembangan kompetensi karyawan
- Memahami definisi tujuan pelaksanaan outbound
- Pentingnya outbound bagi pengembangan personal perusahaan
- Memahami jenis-jenis games dalam outbound (fun, Personal, Edukasi)
- Persiapan Penyelenggaraan outbound(Kasus, ide, tujuan)
Modul II – Cara tercepat dan tepat teknik membangun kedekatan dari peserta
- Memahami segala bentuk ice breaker pada kegiatan outboond
- Typologi (karakteristik peserta = personal div/leadership, tujuan mengadakan outbound ODP/ MDP, Team building & semi militer
- Outcome, membuat komunikasi antar peserta terjalin dengan maksimal
Modul III – Training vs Teaching; Bagaimana cara membawakan dan menyampaikan sebuah briefing dan debrief secara efektif
- Facilitator vs Expert
- Real Life vs Theoritical
- Active vs Passive
- You do it vs Watch Me
- What would it you do vs Here is how you use
- How to briefing, ? how to debrief
- Esensi dari sebuah games pada kegiatan outbound
Modul IV – Rahasia berbicara/memberi instruksi secara meyakinkan yang bisa menembus ke hati
- Mempelajari teknik berbicara / memberi instruksi pada kegiatan outbound
- Berbicara/memberi instruksi layaknya instruktur professional
Modul V – Pembuatan Proposal Kegiatan Outbound, Waktu dan Lokasi Pelaksanaan
- Menentukan rencana kegiatan mulai lokasi, anggaran dan schedule acara
- Menentukan Assesmen individu untuk peserta
- Membuat TNA Kegiatan Outbound
- Membuat program outboundkomprehensif
- Membuat Plan A kegiatan Outboud
- Membuat Plan B Seandainya terjadi sesuatu dengan Plan A
- Membuat Plan C jika seandainya Plan A dan Plan B berjalan tidak sesuai.
Modul VI – Membangun Kekuatan Mental dan Percaya Diri Sebagai Trainer Yang Efektif dan Menyenangkan
- Faktor-faktor utama dalam membangun internal power (kekuatan diri) dan pengaruhnya dalam membawakan presentasi (bahasa tubuh, mimik muka, Pengaturan Suara, Metode Penyampaian, Pengendalian Kegugupan, Meningkatan kepercayaan diri dalam melakukan presentasi, kiat-kiat agar mampu tampil enerjik, antusias & percaya diri).
- Hal-hal yang perlu dihindari pada saat membawakan sesi training dan Cara mengatasi kegugupan saat membawakan materi/presentasi.
- Hal-hal mendasar sebagai persiapan dan ekspektasi kinerja (sikap dan tingkah laku) seorang trainer.
- Beragam metode peningkatan kemampuan diri dalam menjalankan training: kiat menyampaikan serta mengembangkan keterampilan pemberdayaan training.
- Praktik: fine tuning agar tampil enerjik, antusias & percaya diri.
- Tanya jawab Tips dan Tricks dalam membawakan sesi pelatihan.
Modul VII – Menghadapi Situasi Sulit dan Dinamika Kelas
- Pemanfaatan Ruangan Secara Maksimal
- Peserta dilatih memahami dan mampu melakukan Attention Management Toolsyang tepat sesuai kondisi training: Green, Yellow, Red.
- Mengetahui secara detail efek dari setiap Attention Management Tools seperti: Games, Icebreakers, Music &Video, Humors, Physical Activities serta bedanyadengan Simulasi, Praktik, Case Studies dan Diskusi.
- Teknik merancang dan membawakan games serta ice breakers.
- Diskusi kelas dan kasus: When things go bad.
- Bagaimana menangani pertanyaan yang diajukan pada saat training dan teknik menjawabnya atau menanganinya dengan tepat.
- Peserta berlatih bagaimana cara menghadapi situasi yang sulit dan pertanyaanpertanyan teroris dari peserta training.
Modul VIII – Role and Play, Reporting
- Simulasi pembuatan proposal kegiatan outbound
- Simulasi pelaksanaan kegiatan outbound baik indoor maupun outdoor
- Simulasi pembuatan reporting kegiatan outbound
- Membuat report pasca kegiatan
- Membuat laporan pertanggung jawaban kegiatan outbound
INSTRUKTUR:
Drs. Bambang Darmadi, MM and Team
METODE:
Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
- Presentation
- Discuss
- Case Study
- Evaluation
PESERTA:
Trainer, HRD, pimpinan perusahaan/organisasi, relawan kemanusiaan, guru, owner tempat wisata outbound dan semua yang ingin meningkatkan ketrampilan dalam mengolah sebuah permainan/game sederhana menjadi lebih bermakna dan membawa perubahan yang positif.
FASILITAS:
- Training Hand Out
- Digital Material
- Certificate
- Exclusive Souvenir
- Qualified Bag
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Once lunch and twice coffee break every day of training
- Qualified Instructor
Jadwal Pelatihan 2024
JAN - FEB | MAR - APR | MEI - JUN | JUL - AGST | SEP - OKT | NOV - DES |
---|---|---|---|---|---|
2 - 4 Jan | 5 - 7 Mar | 1 - 3 Mei | 2 - 4 Jul | 5 - 7 Sept | 5 - 6 Nov |
9 - 11 Jan | 12 - 14Mar | 7 - 9 Mei | 9 - 11 Jul | 12 - 14 Sept | 12 - 13 Nov |
17 - 19 Jan | 19 - 21 Mar | 14 - 16 Mei | 16 - 18 Jul | 19 - 21 Sept | 19 - 20 Nov |
23 - 25 Jan | 26 - 28 Mar | 21 - 23 Mei | 23 - 25 Jul | 27 - 28 Sept | 26 - 27 Nov |
30 Jan - 1 Feb | 2 - 4 Apr | 28 - 30 Mei | 30 Jul - 1 Agst | 3 - 5 Okt | 3 - 4 Des |
6 - 8 Feb | 16 - 18 Apr | 4 - 6 Jun | 6 - 8 Agst | 10 - 12 Okt | 10 - 11 Des |
13 - 15 Feb | 23 - 25 Apr | 11 - 13 Jun | 13 - 15 Agst | 15 - 16 Okt | 17 - 18 Des |
20 - 22 Feb | 18 - 20 Jun | 27 - 29 Agst | 24 - 26 Okt | 23 - 24 Des | |
27 - 29 Feb | 25 - 27 Jun | 29 - 31 Agst | 29 - 30 Okt | ||
Waktu dan tempat:
Pukul 08.30 – 16.00 WIB
Hotel Berbintang di Yogyakarta
Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam
In House Training Depend on request
Leave a Reply