Inventory Management

Inventory Management – Pengelolaan fungsi penyimpanan dan penanganan barang (inventory management) dengan efektif ikut berperan penting dalam kesuksesan operasi suatu perusahaan. Untuk itu kegiatan penyimpanan dan penanganan barang yang efektif dan efisien perlu dipahami agar fungsi gudang bisa lebih ditingkatkan. Pada perusahaan manufaktur, Inventory Management dirancang dalam rangka meningkatkan tingkat profitabilitas dan produktifitas investasi dalam inventory. Memilih inventory yang tepat akan meningkatkan pelayanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan inventory turn over & profit. Pelatihan ini membahas strategi & teknik manajemen persediaan (inventory) untuk industri manufaktur & jasa, terutama dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Selain itu peserta juga akan diberikan beberapa teknik / tools yang dibutuhkan untuk menganalisa & mengelola inventory secara tepat dan tepat.

 

MATERI:

Pengantar

  • Pengantar inventory
  • Kenapa inventory diperlukan?
  • Jenis-jenis Inventory
  • Inventory Metric
  • Inventory Cost

Teknik Manajemen Persediaan:

  • ABC Inventory Analysis : Menggunakan metode ABC untuk mengontrol inventory
  • Order Quantities
  • Economic Order Quantity
  • Order Review Method :
  • Independent Demand
  • Dependent Demand
  • Reorder Point
  • Uncertain Demand
  • Time Phase Order Point
  • Periodic Review System

Inventory Valuation

  • Sistem FIFO, LIFO
  • Metode KANBAN

Safety Stock:

  • Standard Deviation
  • Service Level
  • Menentukan Safety Stock

Inventory Accuracy:

  • Periodic Count & Cycle Count
  • Metode Cycle Counting : ABC Class, Control Group, Process Control
  • Kriteria Counter & investigator

Case Study

  • Contoh inventory management pada beberapa perusahaan manufaktur

 

INSTRUKTUR:

Ir. Setyawan Hardan, M.Sc and Team

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Staf, supervisor hingga manajer dari bagian Logistik, Pergudangan, Procurement, PPIC dan Produksi, atau departemen lain yang terkait dengan fungsi persediaan.

 

FASILITAS:

  1. Training Hand Out
  2. Digital Material
  3. Certificate
  4. Exclusive Souvenir
  5. Qualified Bag
  6. Training Photo
  7. Training room with full AC facilities and multimedia
  8. Once lunch and twice coffee break every day of training
  9. Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2025

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
3 - 5 Jan
4 - 6 Mar6 - 8 Mei1 - 3 Jul2 - 4 Sept4 - 6 Nov
8 - 10 Jan11 - 13 Mar13 - 15 Mei8 - 10 Jul9 - 11 Sept11 - 13 Nov
14 - 16 Jan18 - 20 Mar20 - 22 Mei15 - 17 Jul16 - 18 Sept18 - 20 Nov
21 - 23 Jan25 - 27 Mar
27 - 29 Mei22 - 24 Jul23 - 25 Sept25 - 27 Nov
28 - 30 Jan1 - 3 Apr3 - 5 Jun29 - 31 Jul 30 Sept - 2 Okt2 - 4 Des
4 - 6 Feb16 - 18 Apr10 - 12 Jun5 - 7 Agst7 - 9 Okt9 - 11 Des
11 - 13 Feb23 - 25 Apr17 - 19 Jun12 - 14 Agst14 - 16 Okt16 - 18 Des
18 - 20 Feb24 - 26 Jun19 - 21 Agst21 - 23 Okt23 - 25 Des
25 - 27 Feb26 - 28 Agst28 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*