Fundamentals of Purchasing Management

Budgeting and Cost Control in Banking and Financial Institution

Fundamentals of Purchasing Management – Departemen atau bagian purchasing/pembelian merupakan bagian penting pada perusahaanmanufacturing yang bertanggung jawab terhadap pengadaan dan pengelolaan material.  Umumnya pada perusahaan manufacturing antara 50 –70% adalah berupa biaya produksi. Jika laba terletak dalam biaya-biaya, maka peran purchasing sangat besar dalam kegiatan usaha perusahaan.  Isi pelatihan ini mencakup strategi pengadaan dan pengelolaan material, penanganan dan pengendalian supplier, dan pengendalian material.

Kegiatan pembelian adalah proses penting dalam pencapaian tujuan perusahaan, sehingga diperlukan pelatihan manajemen pembelian untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan perusahaan secara efisien.

 

MATERI:

TAHAP  I :  NEGOSIASI DAN STRATEGI PEMBELIAN
Deskripsi secara umum tentang fungsi pembelian, organisasi departemen pembelian, hubungan departemen pembelian dengan departemen lain serta etika pembelian.

  • Prinsip-prinsip dalam menetapkan sasaran pembelian.
  • Pertimbangan membeli atau bikin sendiri.
  • Strategi pembelian dengan metode Bidang Hasil Pokok (Key Result Areas) dan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dilengkapi dengan beberapa taktik pembelian sehingga tercapai penghematan bagi perusahaan.
  • Perencanaan dan pengendalian sediaan dengan pendekatan Pareto, sistem pemesanan ReOrder Point system (ROP system) untuk produksi rutin dan Material Requirement Planing system (MRP system) untuk produksi yang tidak rutin yang dilengkapi pula dengan sistem sediaan pengaman untuk menghindari habis sediaan (stock out) serta perhitungan Economic Order Quantity untuk mencapai biaya penyimpanan yang minimum.
  • Negosiasi pembelian.

Meliputi pembahasan tentang persyaratan negosiator yang baik, lima langkah dasar penyiapan negosiasi, strategi dan taktik perundingan, aspek hukum pembuatan kontrak pembelian serta arbitrasi bila terjadi pelanggaran terhadap isi kontrak.

  • Operasi pembelian.

Meliputi pembahasan tentang survai pembelian, beberapa formulir yang diperlukan dalam pembelian barang, pemilihan pemasok yang baik serta gambaran prosedur pembelian yang biasanya dilakukan.

 

TAHAP II : Metode Pemesanan :

  • Jadwal waktu pemesanan
  • Metode perhitungan jumlah pesanan
  • Daftar material

 

TAHAP III :  PROSES PEMBELIAN

  • Proses pemindahan barang.

Meliputi pembahasan tentang jenis alat angkut yang bisa dipakai serta berbagai syarat penyerahan barang yang dibeli.

  • Penilaian prestasi.

Meliputi pembahasan tentang tujuan penilaian prestasi pembelian, landasan penilaian, metode penilaian baik terhadap departemen pembelian perusahaan yang bersangkutan ataupun pemasok untuk menjamin tercapainya sasaran pembelian.

  • Analisis Nilai (Value Analysis) meliputi peran analisis nilai, Teori Nilai, metode analisis nilai dan langkah analisis nilai untuk melakukan program penghematan serta meningkatkan kualitas produk perusahaan.
  • Studi kasus sebagai contoh penerapan prinsip-prinsip manajemen pembelian yang efektif.

 

INSTRUKTUR:

Josef Hernawan Nudu, S.T., M.T and Tim

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Karyawan, supervisor atau staf dibagian pemesanan/pembelian, penerimaan, dan penyimpanan material.

 

FASILITAS:

  1. Training Hand Out
  2. Digital Material
  3. Certificate
  4. Exclusive Souvenir
  5. Qualified Bag
  6. Training Photo
  7. Training room with full AC facilities and multimedia
  8. Once lunch and twice coffee break every day of training
  9. Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2024

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
2 - 4 Jan5 - 7 Mar1 - 3 Mei2 - 4 Jul5 - 7 Sept5 - 6 Nov
9 - 11 Jan12 - 14Mar7 - 9 Mei9 - 11 Jul12 - 14 Sept12 - 13 Nov
17 - 19 Jan19 - 21 Mar14 - 16 Mei16 - 18 Jul19 - 21 Sept19 - 20 Nov
23 - 25 Jan26 - 28 Mar
21 - 23 Mei23 - 25 Jul27 - 28 Sept26 - 27 Nov
30 Jan - 1 Feb2 - 4 Apr28 - 30 Mei30 Jul - 1 Agst3 - 5 Okt3 - 4 Des
6 - 8 Feb16 - 18 Apr4 - 6 Jun6 - 8 Agst10 - 12 Okt10 - 11 Des
13 - 15 Feb23 - 25 Apr11 - 13 Jun13 - 15 Agst15 - 16 Okt17 - 18 Des
20 - 22 Feb18 - 20 Jun27 - 29 Agst24 - 26 Okt23 - 24 Des
27 - 29 Feb25 - 27 Jun29 - 31 Agst29 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*