First In, First Out (FIFO)

First In, First Out (FIFO)

Pelatihan ini akan menjelaskan empat poin penting yang diperlukan untuk menerapkan ‘First In, First Out’ secara menyeluruh. Poin-poin itu adalah :

1) “Untuk merancang proses di mana FIFO dicapai secara alami”,

2) “Untuk memudahkan mengetahui ‘kesegaran’ inventaris Anda”, 3) “Untuk meminimalkan jumlah inventaris” dan

4) “Pendidikan karyawan yang menyeluruh ”.

 

FIFO adalah kependekan dari ‘First In, First Out’.

FIFO (First In First Out) adalah prinsip dimana barang yang pertama kali keluar, harus lebih dulu keluar dibandingkan barang yang datang kemudian. Prinsip ini perlu diterapkan agar barang yang disimpan di gudang selalu barang yang lebih baru. Hal ini untuk menghindari terjadinya barang kedaluwarsa untuk barang yang memiliki masa waktu penggunaan, barang nampak bersih karena selama penyimpanan di gudang dapat terkena debu, packaging barang tidak rusak dan selalu baru, barang terhindar dari kerusakan. Banyak manfaat yang didapat apabila prinsip FIFO ini diterapkan. Petugas gudangpun juga telah memahami akan prinsip ini.

Sama halnya dengan mendisplay barang di pasar swalayan. Petugas swalayan menempatkan barang baru di rak bagian belakang, agar tidak diambil oleh customer lebih dulu. Barang yang lebih awal ditempatkan di bagian atas dari barang yang datang kemudian. Dengan cara penataan ini maka pelanggan diharapkan memiliki peluang lebih besar untuk mengambil barang yang ada di atas tumpukan atau barang diposisi depan rak penempatan. Dalam mewujudkan prinsip ini, ada harga yang harus dibayar. Dimana karyawan perlu membongkar barang yang ada dilokasi penempatan barang dan memasukkan barang yang datang kemudian, serta mengembalikan barang pada penataan di lokasi penempatan. Memang perlu disadari bahwa untuk dapat mencapai hal yang lebih baik maka diperlukan upaya untuk mewujudkannya.

Petugas gudang tentunya paham tentang prinsip FIFO ini. Namun banyak juga barang yang ditempatkan di gudang tidak menerapkan prinsip FIFO. Diperlukan sikap tegas dalam menerapkan sebuah prinsip yang mendatangkan banyak manfaat, tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga bagi pelanggan karena mendapat barang dalam kondisi baik. Penetapan area tanggung jawab diperlukan untuk dapat melakukan pengukuran kemajuan perbaikan dan komitmen karyawan gudang dalam menerapkan prinsip FIFO ini.

Dari sisi penataan maka, pengelola gudang perlu menetapkan cara penataan barang di rak atau lokasi penempatan agar mudah bagi petugas gudang menata dengan cara FIFO. Dengan menyiapkan model penataan FIFO maka petugas mendapatkan kemudahan untuk menempatkan barang secara FIFO. Pengawas gudang juga mudah untuk memeriksa dan mengukur prinsip kerja FIFO telah dijalankan. Prinsip kerja FIFO bekerja pada kedalaman. Oleh karena itu berapa jumlah barang yang akan ditempatkan perlu disediakan tempatnya. Penyediaan tempat dihitung berdasar atas jumlah pemesanan atau kebiasaan barang datang untuk item tersebut dan barang bergerak keluar. Dengan cara ini maka petugas gudang dimudahkan untuk menempatkan barang dilokasi penempatan.

 

MATERI:

  • Kelebihan sistem FIFO
    • Barang lebih terjaga kualitasnya
    • Pengendalian harga lebih terjamin
    • Pencatatan yang lebih sitematis
  • Kelemahan Sistem FIFO
  • Metode yang dapat digunakan ada 2, yaitu :
    • Perpetual
    • Periodik
  • Penerapan 5S pada gudang :
    • Seiri (pemilahan)
    • Seiton (penataan)
    • Seiso (pembersihan)
    • Seiketsu (perawatan)
    • Shitsuke (pembiasaan)
  • Alur kerja sistem FIFO
    • Penerimaan
    • Pengecekan
    • Penempelan stiker warna sesuai kode warna pada bulan
    • Penyimpanan
    • Pengeluaran

 

INSTRUKTUR:

Dr.Setyawan Hardan. M.Sc and team

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1.     Presentation
  2.     Discuss
  3.     Case Study
  4.     Evaluation

 

FASILITAS:

  1.     Training Hand Out
  2.     Digital Material
  3.     Certificate
  4.     Exclusive Souvenir
  5.     Qualified Bag
  6.     Training Photo
  7.     Training room with full AC facilities and multimedia
  8.     Once lunch and twice coffee break every day of training
  9.     Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2024

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
2 - 4 Jan5 - 7 Mar1 - 3 Mei2 - 4 Jul5 - 7 Sept5 - 6 Nov
9 - 11 Jan12 - 14Mar7 - 9 Mei9 - 11 Jul12 - 14 Sept12 - 13 Nov
17 - 19 Jan19 - 21 Mar14 - 16 Mei16 - 18 Jul19 - 21 Sept19 - 20 Nov
23 - 25 Jan26 - 28 Mar
21 - 23 Mei23 - 25 Jul27 - 28 Sept26 - 27 Nov
30 Jan - 1 Feb2 - 4 Apr28 - 30 Mei30 Jul - 1 Agst3 - 5 Okt3 - 4 Des
6 - 8 Feb16 - 18 Apr4 - 6 Jun6 - 8 Agst10 - 12 Okt10 - 11 Des
13 - 15 Feb23 - 25 Apr11 - 13 Jun13 - 15 Agst15 - 16 Okt17 - 18 Des
20 - 22 Feb18 - 20 Jun27 - 29 Agst24 - 26 Okt23 - 24 Des
27 - 29 Feb25 - 27 Jun29 - 31 Agst29 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*