Verification For Credit Consumer

Verification For Credit Consumer – Analisis kredit merupakan salah satu bagian dalam pemrosesan kredit. Untuk memperoleh kualitas analisis kredit yang baik dengan tingkat risiko yang minimal maka dibutuhkan kemampuan analisis kredit yang memadai dari setiap credit analyst credit officer. Proses analisis kredit merupakan tahap yang sangat penting dalam proses pemberian kredit, karena hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan komite kredit. Agar hasil analisis dapat memberikan gambaran yang benar dibutuhkan data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini bisa diperoleh jika verifikator kredit dapat menjalankan fungsinya secara efektif.

Program pelatihan Verificator for Consumer Credit diharapkan dapat membantu bank dalam mempersiapkan seorang verifikator kredit konsumen yang handal dan kompeten serta memiliki keahlian dalam bidang verifikasi data dan informasi dari debitur, sehingga data dan informasi yang didapatkan akurat dan berkualitas. Dalam penggalian informasi tersebut terdapat serangkaian tahapan yang harus dilakukan antara lain: identifikasi data dan informasi, teknik penggalian data, pengecekan/verifikasi data, survei data sampai dengan melakukan pengecekan data secara langsung (site visit).

Kredit Konsumtif adalah kredit yang diberikan Bank kepada Masyarakat Perorangan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Karyawan Swasta untuk kebutuhan konsumtif berupa barang atau jasa, antara lain Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor, dan Kredit Konsumtif lainnya. Program pelatihan Analisis Kredit Konsumtif ini dirancang khusus untuk membekali para calon analis kredit agar siap dan handal dalam mengelola kredit dan mengambil keputusan terkait pemberian kredit konsumtif. Pelatihan ini juga sebagai salah satu solusi untuk dapat meningkatkan portofolio kredit konsumen yang “sehat” dan berkualitas.

 

MATERI:

  1. Analisis preliminary untuk pengumpulan data debitur
  2. Overview lingkungan bisnis konsumen
  3. Analisis risiko bisnis dan industri
  4. Verifikasi financial reporting
  5. Understanding financial reporting
  6. Teknik komunikasi
  7. Teknik negosiasi
  8. Credit survey and analysis
  9. Analisis keuangan (non fixed income)
  10. Identifikasi risiko keuangan
  11. Pengecekan data secara langsung (site visit).
  12. Study Kasus

 

INSTRUKTUR:

Yadi Mulyadi, S.E., M.M. and Team

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Pegawai bank yang tugasnya berkaitan dengan kredit konsumer khususnya posisi verificator.

 

Jadwal Pelatihan 2024

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
2 - 4 Jan5 - 7 Mar1 - 3 Mei2 - 4 Jul5 - 7 Sept5 - 6 Nov
9 - 11 Jan12 - 14Mar7 - 9 Mei9 - 11 Jul12 - 14 Sept12 - 13 Nov
17 - 19 Jan19 - 21 Mar14 - 16 Mei16 - 18 Jul19 - 21 Sept19 - 20 Nov
23 - 25 Jan26 - 28 Mar
21 - 23 Mei23 - 25 Jul27 - 28 Sept26 - 27 Nov
30 Jan - 1 Feb2 - 4 Apr28 - 30 Mei30 Jul - 1 Agst3 - 5 Okt3 - 4 Des
6 - 8 Feb16 - 18 Apr4 - 6 Jun6 - 8 Agst10 - 12 Okt10 - 11 Des
13 - 15 Feb23 - 25 Apr11 - 13 Jun13 - 15 Agst15 - 16 Okt17 - 18 Des
20 - 22 Feb18 - 20 Jun27 - 29 Agst24 - 26 Okt23 - 24 Des
27 - 29 Feb25 - 27 Jun29 - 31 Agst29 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Horison Ultima Riss Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*