How To Write Effective Banking Policies And Prosedures

How To Write Effective Banking Policies And Prosedures – Kurangnya pelatihan tentang teknik dan metode penulisan SOP menjadi penyebab para Penyusun/  Penulis SOP tidak memahami dengan benar bagaimana membuat SOP yang efektif. ”Hasil mini survey Facilitator selama 3 tahun dari 2008-2011, 90% SOP ditempat kerja ditulis oleh  personil yang kurang terlatih, sebagian besar SOP disusun tidak menggunakan format semestinya,  tidak sesuai dengan profil penggunanya, pada akhirnya SOP di tempat kerja hanya berfungsi  sebagai arsip.”
SOP yang dapat diartikan sebagai Who Does What and How merupakan salah satu metode kerja yang dibuat sebagai panduan untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan sesuai rencana, standar dan aturan untuk kepuasan pelanggan—baik internal maupun eksternal.

SOP yang mudah dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan  hubungan kerja yang harmonis antar bagian/ proses. Namun, apabila SOP tidak mudah dipahami dan menimbulkan multi tafsir dapat membuat kesalahan kerja dan pada akhirnya merugikan pelanggan.

 

MATERI:

  1. Perbedaan  Prosedur dengan SOP, Istruksi Kerja, Pedoman Kerja, Protap, Juklak, Juknis,  User/operating manual dll
  2. Cara membedakan dan membuat Pedoman dan Panduan
  3. Mengapa Prosedur Penulisan harus dibuat terlebih dahulu, dan bagaimana  membuatnya
  4. Cara membuat Prosedur berbasis Proses
  5. Mengapa SOP Teknis sudah tidak disyaratkan lagi oleh ISO 9000, dan apakah 6 Prosedur manajemen yang diwajibkan
  6. Cara  mengantisipasi Prosedur yang dinamis oleh karena Peraturan Bank Indonesia yang  sering bertambah dan berubah
  7. Cara  membuat hirarki dokumen dari PBI hingga Prosedur dan Instruksi kerja
  8. 3 anatomi SOP yang mendasar (Format, Elemen dan Atribut)
  1. Mengapa SOP tidak boleh dibuat atas dasar ”Write what you do”
  2. Cara merubah fungsi SOP sebagai alat pandu menjadi alat pandu dan alat ukur, alat  kendali, alat audit, alat reward and punish
  3. Cara membuat SOP dengan dua macam profil pengguna (Pemula dan Ahli)?
  4. Kapan harus menambahkan masa berlaku SOP
  5. Mengapa Flowchart tidak dimulai dengan ”Start” atau ”Mulai”
  6. Cara mengintegrasikan SOP dengan Risk Management, Key Performance Indicator dan  Service Level Agreement
  7. Mengapa kebanyakan Penulis hanya menggunakan format Narration dan Flowchart, dan tidak  tahu bahwa Anotated Pictorial atau Video sering kali lebih efektif?
  8. Cara mengendalikan SOP dengan Document control dan Master lists
  9. Mengapa SOP yang dibuat berbasis Struktur dan Uraian Kerja tidak sehandal apabila dibuat  berbasis Process Business Map?
  10. Mengapa SOP harus berbatas waktu (SOP Lifecycle)?
  11. Bilamana SOP diberi tanda (distempel) ”Controlled”, ”Uncontrolled”, ”Archieved” atau  ”Obsolete”?

 

INSTRUKTUR:

DR. Herry Achmad Buchory, SE.,MM and Team

 

METODE:

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  1. Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation

 

PESERTA:

Staff kepatuhan, legal dan semua staff yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang penegakan kepatuhan dalam perbankan.

 

FASILITAS:

  1. Training Hand Out
  2. Digital Material
  3. Certificate
  4. Exclusive Souvenir
  5. Qualified Bag
  6. Training Photo
  7. Training room with full AC facilities and multimedia
  8. Once lunch and twice coffee break every day of training
  9. Qualified Instructor

 

Jadwal Pelatihan 2024

JAN - FEBMAR - APRMEI - JUNJUL - AGSTSEP - OKTNOV - DES
2 - 4 Jan5 - 7 Mar1 - 3 Mei2 - 4 Jul5 - 7 Sept5 - 6 Nov
9 - 11 Jan12 - 14Mar7 - 9 Mei9 - 11 Jul12 - 14 Sept12 - 13 Nov
17 - 19 Jan19 - 21 Mar14 - 16 Mei16 - 18 Jul19 - 21 Sept19 - 20 Nov
23 - 25 Jan26 - 28 Mar
21 - 23 Mei23 - 25 Jul27 - 28 Sept26 - 27 Nov
30 Jan - 1 Feb2 - 4 Apr28 - 30 Mei30 Jul - 1 Agst3 - 5 Okt3 - 4 Des
6 - 8 Feb16 - 18 Apr4 - 6 Jun6 - 8 Agst10 - 12 Okt10 - 11 Des
13 - 15 Feb23 - 25 Apr11 - 13 Jun13 - 15 Agst15 - 16 Okt17 - 18 Des
20 - 22 Feb18 - 20 Jun27 - 29 Agst24 - 26 Okt23 - 24 Des
27 - 29 Feb25 - 27 Jun29 - 31 Agst29 - 30 Okt

Waktu dan tempat:

Pukul 08.30 – 16.00 WIB

Hotel Berbintang di Yogyakarta

Request for Training Venue: Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Lombok, Malang, Makassar and Batam

In House Training Depend on request

 


FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING (FORM PRA REGISTRASI)

INFORMATION OPTIONS

Judul Training (wajib)

Tanggal Pelatihan

Jenis Registrasi (wajib)


PERSONAL DATA

Nama Anda (wajib)

Perusahaan

Jabatan

Alamat Perusahaan

Email (wajib)

Telepon Seluler/No. Hp (wajib)

Telepon Kantor

No. Ekstensi

Facsimile/Fax

Website


PRE REGISTRATION DATA (TIDAK MENGIKAT)

Penanggung Jawab Training di Perusahaan

Email Perusahaan

Office Phone + Ext atau No. Handphone

Jumlah Peserta

Nama-nama Peserta

Pembayaran

Pesan untuk Penyelenggara Training

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*